ANALISIS JALUR

Posted on 07.10 | By Unknown | In


Analisis jalur (Path Analysis) merupakan pengembangan statistik regresi, sehingga analisis regresi dapat dikatakan sebagai bentuk khusus analisis jalur. Analisis jalur digunakan untuk melukiskan dan menguji model hubungan antar variabel yang berbentuk sebab akibat (Sugiyono: 2009).
Bagaimana sejarah perkembangan analisis jalur? Teknik analisis jalur, yang dikembangkan oleh Sewal Wright di tahun 1934, sebenarnya merupakan pengembangan korelasi yang diuraikan menjadi beberapa interpretasi akibat yang ditimbulkannya. Lebih lanjut, analisis jalur mempunyai kedekatan dengan regresi berganda, atau dengan kata lain, regresi berganda merupakan bentuk khusus dari analisis jalur. Teknik ini juga dikenal sebagai modal sebab akibat (causing modeling).
 Penamaan ini didasarkan pada alasan bahwa analisis jalur memungkinkan penggunaan dapat menguji proposisi teoritis mengenai hubungan sebab dan akibat tanpa memanipulasi variabel-variabel. Memanipulasi variabel maksudnya memberi perlakuan (treatment) terhadap variabel-variabel tertentu dalam pengukurannya. Asumsi dasar model ini ialah beberapa variabel sebenarnya mempunyai hubungan yang sangat dekat satu dengan yang lainnya.
Dalam hubungan antar variabel tersebut, terdapat variabel independen yang dalam hal ini disebut variabel eksogen dan variabel dependen atau endogen. Melalui analisi jalur ini akan dapat ditemukan jalur mana yang peling tepat dan singkat suatu variabel independen menuju variabel dependen yang terakhir.

Penggunaan analisi jalur dalam analisis data penelitian didasarkan pada beberapa asumsi sebagai berikut :
1. Hubungan antar variabel yang akan dianalisis berbentuk linier, aditif dan kausal
2. Variabel-variabel residul tidak berkorelasi dengan variabel yang mendahuluinya dan tidak juga berkorelasi dengan vaiabel yang lain.
3. Dalam model hubungan dengan variabel hanya terdapat jalur kausal / sebab-akibat searah
4. Data setiap variabel yang dianalisis adalah data interval dan berasal dari sumber yang sama.

Comments (0)

Posting Komentar